Subscribe Us


Senin, 08 Juni 2015

SOSIALISASI TENTANG ETIKA MAHASISWA



Plagiat merupakan  perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan  sumber secara tepat dan memadai. Demikian ungkap Kepala Biro UPK UNY Drs. Setya Budi Takarina, M.Pd. dihadapan  42 Pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa) terdiri dari Pengurus BEM, DPM dan UKM  Jumat kemarin dalam acara  sosialisasi tentang Etika Mahasiswa bertempat di Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta.

Sementara Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam sambutan dan sekaligus membuka acara tersebut mengemukakan bahwa Bidang Kemahasiswaan   menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak Kepala Biro UPK yang telah memprakarsai kegiatan ini, karena sangat tepat untuk memberikan pengertian tentang Etika Pergaulan bagi mahasiswa khususnya bagi  pemangku  jabatan/pengurus Ormawa di Kampus UNY sekalipun sampai saat ini tidak ada informasi atau masalah  memprihatinkan yang disampaikan ke bidang Kemahasiswaan.

Dalam sosialisasi ini dibagi menjadi 2 bagian, dimana yang pertama menyangkut tentang  Plagiasi yang diatur dalam Permendiknas No: 17 tahun 2010,  pencegahan dan  sanksi bagi mahasiswa disampaikan oleh Kepala Biro UPK, dibagian lain masalah “Etika dan Tata Tertib Pergaulan Mahasiswa di Kampus” disampaikan oleh Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd. selaku Staf Ahli WR3 bidang Penalaran mengemukakan  bahwa Etika merupakan pedoman dalam bersikap dan berperilaku yang didalamnya berisi garis-garis besar  nilai moral dan  norma yang mencerminkan  masyarakat kampus yang ilmiah, edukatif, kreatif, santun dan bermartabat. Ini berbeda dengan Tata Tertib yang mencakup aturan-aturan tentang hak, kewajiban, pelanggaran, serta sanksi bagi mahasiswa sebagai salah satu bentuk pelaksanaan etika mahasiswa UNY.

Lebih lanjut Nurtanio menyinggung  masalah Azas Penerapan Etika dan Tata Tertib Pergaulan Mahasiswa meliputi: Tanggung jawab, Partisipasi, Keadilan, Kedamaian dan Kesantunan, ini sangat penting untuk dilakukan dalam pergaulan di kampus UNY, hal ini sudah terbukti  ketika alumni UNY yang bekerja di berbagai tempat selalu diberikan catatan yang khas yaitu tanggung jawab, ulet dan loyalitasnya tinggi. (Ap. Winata)

Sumber : http://kemahasiswaan.uny.ac.id


0 Comments:

Posting Komentar