OFFICIAL WEBSITE HIMA PKnH FIS UNY

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 03 Juni 2015

Mobil Karya Mahasiswa Yogyakarta Juara Kompetisi di Korea Selatan

Mobil Karya Mahasiswa Yogyakarta Juara Kompetisi di Korea Selatan

Yogyakarta - Mobil buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tak kalah dengan buatan mahasiswa asing. Mobil karya mahasiswa Yogya ini pun mampu menyabet gelar juara diajang 2015 International Student Green Car Competition (ISGCC) di Korea Selatan.

Sebelas mahasiswa yang tergabung dalam Tim mobil Universitas Negeri Yogyakarta, Garuda UNY Racing Team (GURT) membuktikan konsistensinya diajang tersebut untuk kategori mobil hybrid. Mereka berhasil mengungguli jumlah perolehan poin dari rival terberat sekaligus juara bertahan tahun lalu, MDS Cruza yang merupakan tim lokal. Satu-satunya tim wakil Indonesia ini berhasil menjadi juara umum dan mendapat gelar Best of the Best pada kompetisi yang berlangsung di Songsan-Myun, Hwasung-si, Gyeonggi-Do, Korea Selatan pada 29—30 Mei 2015 lalu.

Setelah melakoni kompetisi di Korea Selatan dan menyabet gelar juara, para mahasiswa ini kembali ke kampusnya dengan sambutan meriah. Mereka disambut oleh Rektor UNY Rohmad Wahab dan para mahasiswa lain. Menginjakan kaki pertama di kampus, para mahasiswa ini dikalungi bunga dan mendapatkan tepuk tangan meriah.

Ketua delegasi Tim GURT UNY ke Korea Selatan, Yusuf Mulyadi menyatakan kegembiraanya bisa membawa nama Indonesia di Korea Selatan. Mereka membuktikan mampu berkompetisi ditingkat internasional.

"Bangga, gembira, perjuangan kami lembur-lembur untuk persiapan terbayarkan,"kata Yusuf di kampus UNY, Selasa (2/6/2015) malam.

Dalam kompetisi di hari pertama pada mereka berhasil menyabet 1st winner maneuver dalam maneuverability race. Pada acceleration race mereka berhasil menduduki posisi 2nd winner acceleration. Yang lebih membanggakan lagi, mereka berhasil mendapatkan poin 594 dari total poin 600. Pada hari ke-2 kompetisi, tim Garuda UNY mendapatkan tantangan berupa kondisi cuaca yang kurang menguntungkan. 

Karena hujan turun, track yang digunakan basah dan membahayakan bagi kendaraan. Namun, HYVO 101 tetap melaju dan mampu finish di urutan ke-2. Capaian inilah yang membuat tim mobil UNY ini berhak untuk menjadi juara umum pada 2015 ISGCC dalam kategori mobil hybrid.

Atas prestasi ini, Tim GURT UNY mendapatkan hadiah sebesar 3 juta Won atau setara Rp 34 juta. Dan mendapatkan bantuan pengembangan teknologi 10 juta Won serta sertifikat internasional. (Detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Informasi Pengurus HIMA PKnH FIS UNY