OFFICIAL WEBSITE HIMA PKnH FIS UNY

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 08 Agustus 2015

BAN PT VISITASI DUA PROGRAM STUDI FIS


Lambang ORMAWA PKnH FIS UNY
Tidak banyak masyarakat yang menyadari  arti pentingnya  akreditasi. Padahal masyarakat jelas  mempunyai kepentingan terhadap hal tersebut.  Calon mahasiswa dan orang tua mahasiswa sebaiknya memperhatikan status akreditasi agar tidak salah langkah dalam memilih program studi di perguruan tinggi.
Dengan akreditasi  berarti adanya jaminan dari pemerintah bahwa penyelenggaraan program studi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi). Standar tersebut  sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Program studi yang terakreditasi akan mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat.
Pada akhir Januari dan awal Februari 2015, dilaksanakanlah visitasi terhadap dua program studi: Pendidikan Geografi dan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum di lingkungan FIS UNY oleh BAN PT. Asesor yang mendapat tugas untuk Program Studi Geografi adalah Dr. Epon Ningrum (dari Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Eva Banowati (dari Universitas Negeri Semarang), untuk Program Studi PKnH asesornya Prof. Dr. Sapriya (Universitas Pendidikan Indonesia) dan salah satu dosen Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Kegiatan berlangsung di Ruang Ki Hajar Dewantara dan Ruang Kanopi – FIS UNY, mulai pukul 08.45 WIB. Visitasi tersebut dihadiri oleh Tim Akreditasi Prodi, Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial, Civitas FIS, dan unit-unit pendukung UNY.
Acara Visitasi Akreditasi berlangsung selama 2 hari, beberapa standar penilaian yang diperiksa oleh tim asesor, yaitu: (1) Standar Penilaian Visi dan Misi, (2) Standar Tata pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu, (3) Standar Mahasiswa dan Lulusan, (4) Standar Sumber Daya Manusia, (5) Standar Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik, (6) Standar Pembiayaan, Sarana dan Prasarana serta Sistem Informasi, dan (7) Standar  Penelitian, Pelayanan, dan Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama.
Alhamdulillah, proses visitasi berjalan lancar dan sesuai dengan rundown yang ditetapkan asesor sebelumnya. Terjadi diskusi hangat antara asesor dengan progam studi dan atau unit pendukung di beberapa materi. Bahkan saran-saran dan masukan yang bermanfaat bagi program studi diberikan asesor untuk perbaikan ke depan sehingga mutu yang diberikan dapat lebih  baik lagi.
Setelah diskusi berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium, ruang kuliah, dan perpustakaan prodi. Para asesor melihat produk-produk yang ditampilkan. Mereka juga melihat seksama tiap produk yang ditampilkan. Tanya jawab berlangsung di ketiga tempat tersebut antara para asesor dengan mahasiswa yang berada di dalamnya.
Diskusi terakhir adalah dengan para dosen program studi. Semua dosen homebase prodi dilibatkan dalam diskusi tertutup tersebut. Sementara Ketua Program Studi diminta keluar ruang, untuk menjamin apa yang disampaikan para dosen bersifat transparan. Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan tersebut, berakhir pula kegiatan Visitasi Program Studi Pendidikan Geografi dan PKnH.  
Dengan pelaksanaan visitasi akreditasi program studi ini diharapkan memperoleh status yang lebih dari visitasi sebelumnya serta seiring sejalan dengan hasil visitasi akreditasi tingkat universitas di mana akreditasi universitas dicanangkan mendapatkan nilai A pada 2016 oleh BAN PT. Selanjutnya Berita Acara Visitasi dirapatkan dan dibawa ke BAN PT untuk penetapan nilai akreditasi yang tepat dan layak untuk dua program studi tersebut periode 2015—2020. (Danu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Informasi Pengurus HIMA PKnH FIS UNY