OFFICIAL WEBSITE HIMA PKnH FIS UNY

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 18 Agustus 2015

TRAINING ESQ BAGI MAHASISWA BARU

 


 (WWW.UNY.AC.ID) Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan training ESQ (Emotional Spiritual Quotient) bagi seluruh mahasiswa baru angkatan 2015 yang beragama Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha sebanyak 291 orang. Training ini merupakan salah satu rangkaian pembekalan bagi mahasiswa baru UNY dalam upaya untuk membangun karakter taqwa para mahasiswa baru serta melakukan pembinaan dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama. Pembukaan training ESQ ini dilangsungkan Selasa, 18 Agustus 2015 di Ruang Sidang Utama UNY oleh Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.

Dalam sambutannya, Rektor UNY berpesan agar mahasiswa UNY harus punya moral yang baik dan merupakan generasi masa depan yang benar-benar mumpuni untuk menghadapi tantangan zaman. “Para pembina agama mohon mendampingi mereka selama kuliah,” kata Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. “Jangan lupa untuk memilih unit kegiatan mahasiswa yang sesuai dengan minat dan bakat.” Secara khusus, Rektor juga mengucapkan selamat pada para mahasiswa baru yang telah berhasil menembus ketatnya persaingan masuk UNY.

Menurut Ketua Panitia Kegiatan, Ilmawan Mustaqim, M.T., kegiatan ESQ untuk mahasiswa yang beragama Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha diikuti 131 mahasiswa beragama Protestan, 138 mahasiswa beragama Katolik, 14 mahasiswa beragama Hindu, dan 3 mahasiswa beragama Budha serta 5 orang mahasiswa lama. Untuk mahasiswa Protestan, ESQ dilaksanakan di Gedung KPLT UNY, untuk mahasiswa Katolik di LPPM, serta mahasiswa Hindu dan Budha di Student Center UNY. Training ini diharapkan dapat membangun karakter yang tangguh bagi mahasiswa baru yang tidak hanya mengedepankan intelektual saja, namun juga emosional dan spiritual, yang selaras dengan visi UNY yaitu, bertaqwa, mandiri, dan cendekia.
Elizabeth Dyah Ayu Pradita dari Prodi PGSD FIP mengatakan bahwa dirinya merasa senang dan surprise diberi ESQ karena sebelumnya menganggap bahwa ESQ hanya diperuntukkan mahasiswa muslim. Penganut agama Protestan tersebut berharap bahwa dengan training ESQ ini dapat lebih memperdalam pengetahuan tentang agamanya. (dedy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Informasi Pengurus HIMA PKnH FIS UNY